BERPIKIR KOMPUTASIONAL

 A. STRUKTUR DATA

Dalam istilah ilmu komputer, struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. 

1. Tree

Tree, atau pohon, adalah struktur data non-linear yang menggambarkan hubungan hirarkis (one-to-many) antara elemen-elemen. Tree merupakan kumpulan simpul (node) yang saling terhubung, dengan satu simpul khusus yang disebut root (akar) dan simpul lainnya. Tree dapat kosong tanpa simpul, atau terdiri dari satu simpul akar dan nol atau satu atau lebih subpohon. 

Tree digunakan untuk merepresentasikan data secara grafis, mirip dengan sebuah pohon. Data dalam tree dapat berupa bilangan (int), string, atau address. 

2. Graph

Struktur data graf (graph data structure) adalah struktur data non-linier yang berbentuk jaringan atau network, di mana hubungan antar elemennya bersifat many-to-many. Struktur data graf terdiri dari sekumpulan titik sudut (V) dan sekumpulan sisi (E) yang saling menghubungkan. Struktur data graf dapat digunakan untuk merepresentasikan dan menganalisis hubungan yang kompleks antara objek atau entitas. 

Struktur data graf sangat berguna dalam berbagai bidang, seperti: Analisis jaringan sosial, Sistem rekomendasi, Jaringan komputer, Analisis dinamika kinerja tim dan interaksi pemain di lapangan dalam ilmu data olahraga. 

Struktur data graf dapat dilambangkan dengan G(V, E). Ada berbagai jenis graf, seperti graf tak berarah, graf berarah, pohon, dan graf berlabel. Algoritma seperti Kruskal dan Djikstra digunakan untuk menemukan pohon rentang minimum dan lintasan terpendek dalam graf berlabel. 

B. ALGORITMA

Algoritma adalah sekumpulan aturan atau langkah-langkah yang disusun secara sistematis dan berurutan untuk menyelesaikan masalah. Algoritma dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah logika dan matematika dengan bantuan komputer, atau untuk memecahkan masalah sehari-hari yang membutuhkan berbagai proses dan langkah-langkah. 

Donald Ervin Knuth mendefinisikan algoritma sebagai sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan masalah tertentu. Algoritma dapat membantu menyelesaikan masalah secara berulang, memecahkan masalah kompleks dengan cara sederhana, memudahkan melacak dan memperbaiki kesalahan, dan memungkinkan modifikasi program dengan mudah.

Dalam sistem komputer, algoritma pada dasarnya adalah instansi dari logika yang ditulis dalam perangkat lunak oleh pengembang perangkat lunak. Algoritma dapat digunakan untuk menghasilkan keluaran dari masukan yang diberikan untuk mesin tertentu. 

Algoritma Greedy (Gready Algorithm) adalah salah satu jenis algoritma yang digunakan untuk menyelesaikan masalah optimasi. Algoritma Greedy mengambil langkah-langkah kecil yang terlihat paling menguntungkan pada saat itu tanpa mempertimbangkan dampak jangka panjang. 

C. EKSPRESI DAN OPERASI LOGIKA

Dalam pemrograman, ekspresi adalah kata atau kelompok kata atau simbol apa pun yang merupakan nilai. Operasi logika adalah sebuah kombinasi variabel biner yang berupa masukan dan keluaran dari sebuah sistem rangkaian digital. Operator logika memiliki fungsi untuk melakukan pemeriksaan kesamaan nilai dari dua data atau lebih.

D. FLOWCHART

Flowchart adalah alat visual yang digunakan untuk merepresentasikan alur kerja atau proses dalam bentuk diagram. Dalam dunia pemrograman dan sistem, flowchart digunakan untuk merencanakan, menganalisis, dan memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan suatu tugas atau masalah.

1. Jenis-Jenis Flowchart

• Flowchart Sistem: Menunjukkan alur kerja dalam sistem secara keseluruhan.

• Flowchart Dokumen: Dibuat untuk pendokumentasian yang berisi prosedur administratif.

• Flowchart Program: Terdiri dari dua diagram, yaitu program logic dan detailed program, yang menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program.

• Flowchart Data: Digunakan untuk mengelola data atau menganalisis informasi dari suatu sistem. Diagram ini memudahkan dalam memahami aliran data masuk (inflow) dan keluar (outflow) dari sistem.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DATA ALYA